Fungsi Webmaster Tools Sebagai Alat Mendaftarkan Sitemap Blog Dan Website Ke Dalam Search Engine

13/11/2011 07:50

Fungsi webmaster tools harus benar - benar sesuai sasaran. Karena dengan webmaster tools , seorang blogger atau site builder dapat mengoptimalisasi penggunaan mesin pencari.

Setelah anda berhasil membuat sitemap, selanjutnya anda perlu mendaftarkan sitemap dari website atau blog kita ke search engine. Untuk itu anda perlu mengetahui apa itu Webmaster Tools.

Webmaster tools merupakan alat yang telah disediakan oleh beberapa penyedia mesin pencari (search engine) seperti Google Webmaster Tools, Bing Webmaster Center dan Yahoo! Site Explorer.  Daftarkan sitemap yang telah anda buat ketiga buah webmaster tools agar meningkatkan posisi website anda di search engine ketiganya.

1. GOOGLE WEBMASTER TOOLS (klik disini untuk mendaftar)

Google Webmaster tools adalah salah satu layanan gratis Google untuk pemilik blog/webiste atau webmaster.. Layanan ini memberi kemudahan webamster untuk mengecek status website yaitu apakah sudah terindeks Google atau belum. Selain itu, juga untuk kemudahan mengopotimalkan visibilitas situs web anda terhadap mesin pencari. Adapun layanan yang disediakan oleh Google WEbmaster Tools adalah :

a. Kirim dan periksa sitemap

b. Periksa dan atur tingkat kemajuan dan melihat statistik tentang bagaimana Googlebot mengakses situs.

c. Membuat dan memeriksa file robots.txt

d. Daftar link internal dan eksternal halaman yang mengarah ke situs.

e. Daftar kata kunci pencarian di Google yang mengarah ke situs dan yang terdaftar dalam SERP serta klik melalui daftar kata kunci tersebut.

f. Statistik tentang bagaimana Google mengindeks situs dan melihat jika ada error pada situs.

g. Konfigurasi pilihan domain (misalnya lebih suka http://caramembuatblog.info (tanpa www) dibandingkan denngan http://www.caramembuatblog.info yang menentukan bagaimana alamat situs ditampilkan di SERP.

2. YAHOO! SITE EXPLORER (klik disini untuk mendaftar)

Yahoo! Site Explorer adalah layanan Yahoo! yang menampilkan informasi situs-situs yang diindeks oleh search engine Yahoo!. Berikut ini beberapa fitur pelayanan yang diberikan pada webmaster atau pengelola website jika menggunakan Yahoo! site Explorer:

- lihat informasi tambahan tentang situs anda.

- kirim peta situs

- mengirimkan permintan penghapusan URL domain mereka ke Yahoo!.

- rewrite URL dinamis dari situs mereka,baik dengan menghapus parameter yang   dinamis atau dengan menggunakan nilai default parameter.

- kirim feed untuk Yahoo Search Money.

- melihat kesalahan website/blog yang ditemukan oleh Yahoo! sehingga anda dapat memperbaikinya guna meningkatkan kekuatan blog anda.

3. BING WEBMASTER CENTER (klik disini untuk mendaftar)

Bing Webmaster Center merupakan layanan seperti halnya Google Webmaster Tools atau Yahoo! Site Explorer. Layanan yang disediakannya juga tidak jauh berbeda.

 

( Source : caramembuatblog.info/cara-submit-mendaftar-daftar-sitemap-ke-google-yahoo-dan-bing-msn.html )

Cara mendaftarkan sitemap

Pengertian sitemap, fungsi sitemap dan cara penggunaan sitemap