Manchester City : Lolos Ke Babak Perempat Final Carling Cup

29/10/2011 16:37

Pemuncak klasemen sementara Liga Primer Inggris musim ini, Manchester City, terus melanjutkan performa gemilang. Bertandang ke Stadion Milineux, Kamis (27/10/2011) dini hari, para prajurit Roberto Mancini tersebut sukses menenggelamkan si empunya stadion, Wolverhampton Wanderers, di babak keempat Carling Cup, dengan skor 5-2.

Hasil tersebut semakin menegaskan produktivitas The Citizens, setelah akhir pekan lalu mempermalukan Manchester United, dengan menjebol gawang lawan enam kali. Kemenangan telak atas Wolves pun membawa City lolos ke perempatfinal Carling Cup.

Tuan rumah sempat membuat kejutan dengan unggul terlebih dulu berkat sontekan Nenad Milijas pada menit ke-18. Namun hanya dalam rentang tiga menit, Adam Johnson (37'), Samir Nasri (39'), dan Edin Dzeko (40'), membawa City berbalik memimpin.

Keunggulan mereka semakin meyakinkan usai kiper De Vries melakukan bunuh diri pada menit ke-50. Dzeko mencetak gol keduanya pada menit ke-64, yang dibalas langsung oleh gelandang Jamie O'Hara, semenit berselang.

Kemenangan kali ini semakin mengukuhkan betapa seimbangnya komponen personal City. Khusus laga ini, Mancio menurunkan "tim cadangan" yang diisi Nasri, Dzeko, Kolo Toure, Alex Kolarov, dan Nigel De Jong. Sisanya, berkategori anak baru seperti Luca Scapuzzi, Abdul Razak, Stefan Savic, dan kiper Costel Pantilimon.

"Saya senang karena tim mampu bangkit dan sadar mereka tertinggal. Saya memiliki pemain dengan mental yang sudah teruji. Tiga gol dalam tiga menit sungguh luar biasa, dan sangat jarang tim melakukan itu," ujar Manajer City, Roberto Mancini, di situs klub.

Kemenangan ini membuat Mancini makin percaya diri timnya bisa melangkah lebih jauh. "Paling tidak, dua kemenangan besar secara beruntun memberi kami motivasi lebih. Tapi kami tak boleh tinggi hati karena perjalanan masih ada di awal," ungkapnya.

Jika City tampil gemilang, tidak demikian dengan dua tim raksasa lain, Chelsea dan Liverpool. Keduanya dipaksa untuk bekerja keras sebelum akhirnya mampu melaju ke babak perempatfinal.

Di Stadion Goodison Park, The Blues harus berterima kasih kepada Daniel Sturridge. Masuk menggantikan Salomon Kalou, bomber berusia 23 tahun ini menjadi penentu kemenangan 2-1, empat menit sebelum masa perpanjangan waktu berakhir!

Duel ini harus berlanjut ke masa tambahan setelah sepanjang 90 menit, keduanya berbagi angka 1-1. Kalou membawa Chelsea memimpin di menit ke-17, namun dibalas Louis Saha (83').     

Laga ini juga diwarnai kegagalan Nicolas Anelka dan Leighton Baines mengeksekusi penalti, serta kartu merah untuk kiper Chelsea Ross Turnbull menit ke-58 dan gelandang Everton Royston Drenthe (107').

"Kami sangat solid, dan sukses menunjukkan kekuatan karakter yang sesungguhnya. Tim ini membuktikan keseriusannya untuk menuai kemenangan dan meraih trofi ini di akhir musim nanti," komentar Manjaer Chelsea, Andre Villas-Boas, dikutip Soccernet.

Pujian serupa juga ditujukan Manajer Kenny Dalglish kepada anak buahnya, terutama Luis Suarez, yang menjadi pahlawan kemenangan Liverpool atas atas Stoke City 2-1 di Stadion Britannia. Sempat tertinggal melalui Kenwyne Jones pada menit ke-44, Suarez membalas di menit ke-54 dan 85.
 
"Suarez bermain seperti biasanya, cerdas dan mampu memanfaatkan situasi dengan baik. Secara umum, saya senang dan puas dengan cara kami memetik kemenangan, menunjukan gambaran mentalitas," tutur King Kenny.

Satu tiket perempatfinal lainnya menjadi milik Blackburn Rovers usai menekuk Newcastle United 4-3 lewat perpanjangan waktu di Stadion Ewood Park.

Babak delapan besar nanti menghadirkan tim-tim besar dengan lolosnya Manchester City, Chelsea, Liverpool, Manchester United, Arsenal, serta Blackburn. Dua tim lain berasal dari Divisi Championship, Cardiff City and Crystal Palace.

Undian perempatfinal akan digelar pada Sabtu (29/10/2011) dan pertandingan dihelat 28 November 2011.(*)

 

( Source : lampung.tribunnews.com/2011/10/29/mental-pemain-man-city-sudah-teruji )