Prediksi , Preview Dan Catatan Head To Head Indonesia - Vietnam

19/11/2011 11:43

Hari ini akan digelar 2 pertandingan babak semifinal sepak bola SEA Games 2011 di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Pertandingan semifinal ini dua-duanya akan disiarkan secara langsung oleh RCTI, pertandingan Indonesia vs Vietnam akan dimulai pada pukul 19:00 WIB. Berikut jadwal lengkap pertandingan babak semifinal sepak bola SEA Games 2011 hari Sabtu, 19 November, 2011:

  • Malaysia vs Myanmar, (16:00 WIB, live di RCTI).

  • Indonesia vs Vietnam, (19:00 WIB, live di RCTI).

Prediksi Pertandingan Indonesia - Vietnam.

Kekalahan tuan rumah Indonesia dipertandingan terakhir oleh Malaysia dibabak penyisihan grub membuat Titus Bonai cs menempati peringkat dua diklasemen akhir, Sekaligus memaksa kita untuk jumpa dengan salah satu tim terkuat diajang ini Vietnam.

Kekalahan dari Malaysia dua hari lalu memang tidak bisa dijadikan patokan kekuatan Indonesia yang sesungguhnya, Pasalanya beberapa pemain Merah Putih memang sengaja disimpat utnuk menjaga kebugaran. Namun sedikit banyak hasil minor tersebut jelas berpengaruh terhadap mental psikis para punggawa muda Garuda, Masalah inilah yang perlu dicermati RD untuk segera bisa membenahi mental bertanding anak-anak didiknya.

Laga hidup mati akan dijalani timnas Indonesia nanti malam. Di Stadion Utama Gelora Bung Karna, tim besutan Rahmad Darmawan itu akan menjalani laga semifinal SEA Games 2011 kontra tim tangguh Vietnam.

Keuntungan bermain di hadapan pendukung sendiri harus benar-benar dimanfaatkan sebagai penyemangat perjuangan menuju nomor satu di kawasan Asia Tenggara. Hasil negatif Indonesia pada laga sebelumnya saat ditekuk Malaysia U23 dengan angka 0-1 bukan menjadi beban. Namun harus jadi pemicu semangat anak asuh pelatih Rahmad Darmawan. Mereka wajib segera melupakan hasil negatif itu dan tampil lepas untuk merebut kemenangan dari skuad muda Doi Tuyen Viet Nam, julukan Vietnam. Kembalinya sejumlah pemain utama skuad muda Merah Putih, setelah diistirahatkan akan jadi modal yang bagus. Para pemain yang lebih bugar itu antara lain top skor Indonesia U23 Patrick Wanggai, kiper Kurnia Meiga, Hasim Kipuw, Andik Vermansyah, dan Abdulrahman. Sehingga Rahmad Darmawan pun akan lebih leluasa dalam menurunkan komposisi terbaiknya.

Menurut Rahmad pada beberapa laga Vietnam di fase grup, ada empat pemain yang sangat agresif dimiliki Vietnam. Para pemain itu adalah kapten Than Luong dan tiga juru gedor Le Van Thang, Le Hoang Thien serta Nguyen Van Quyet. Untuk itu Rahmad juga berharap kedisiplinan para pemain dalam menjaga pergerakan lawan juga harus ditingkatkan.

Titus Bonai dan Patrick Wanggai Andik Vermansyah , Kurnia Mega,  Okto Maniani, serta Egi Melgiansyah akan menjadi andalan bagi Rahmad Darmawan. Menurut Rahmad, tingkat agresivitas permainan Vietnam adalah salah satu keunggulan yang harus bisa diredam. Salah satu cara meredam agresivitas Vietnam adalah dengan bermain tenang dan memasng kewaspadaan tinggi. Rahmad juga menegaskan jika semua pemainnya sudah diinstruksikan untuk fokus mengincar kemenangan di semifinal tersebut.

Pelatih timnas Vietnam, Falko Gerd GOtz mengatakan, timnya tidak pernah pilih-pilih lawan di semifinal dan siap menghadapi Indonesia. Tetapi, dengan terus terang Falko menyatakan bahwa timnya akan sulit nanti malam. Sebab, Vietnam tidak hanya menghadapi sebelas pemain di SUGBK, tetapi juga 12 pemain. "Pemain ke-12 adalah suporter Indonesia yang luar biasa," tuturnya.

FEDERASI sepak bola Vietnam (VFF) siap mengakomodir suporter Vietnam yang ingin memberikan dukungan langsung kepada Tim Nasional sepak bola Vietnam saat menghadapi Indonesia pada semifinal SEA Games 2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu besok (19/11/2011).

Demi menggalang kekuatan suporter Vietnam agar mau datang ke Jakarta, VFF sudah menyiapkan paket perjalanan ke Indonesia seharga USD$ 800.

Seperti dikutip dari vietnamnet.vn, Wakil Ketua VFF, Tran Song Hai, memastikan sejauh ini pihaknya sudah memastikan 20 fans Golden Star –julukan timnas Vietnam-, termasuk dirinya, siap memberikan dukungan langsung kepada pasukan yang dibesut pelatih Falko Goetz tersebut.

Meski akan terlihat minoritas di SUGBK yang dipastikan akan dijejali suporter Merah Putih. Namun Tuan yakin, kehadiran suporter Vietnam yang diprediksi hanya berjumlah puluhan orang akan memberikan suntikan spirit kepada Golden Star.

Sebagai pelengkap dukungan, Tuan mengatakan ia akan membawa dua boneka naga dan satu elang ukuran jumbo dan pernak-pernik lainnya yang biasa dipakai suporter Vietnam yang memang dikenal fanatik setiap mendukung pasukan Golden Star.

"Saya menghabiskan hampir USD$ 100 untuk membuat dua kostum spesial. Saya juga memesan 8 set kostum serupa untuk penggemar lainnya. Saya yakin bahwa kostum kami akan menjadi yang paling mengesankan dan menarik perhatian," kata Tuan.

Setelah kesuksesan pasukan Golden Star menjadi juara Piala AFF 2008, pria berusia 62 tahun ini, berharap SEA Games 2011 jadi momen berakhirnya penantian jutaan rakyat Vietnam melihat timnas Vietnam menggondol medali emas SEA Games untuk kali pertama dalam sejarah keikutsertaan Negara yang pernah di invasi Amerika Serikat ini.

Pada pelaksanaan SEA Games sebelumnya di Vientine, Laos 2009, timnas Golden Star nyaris meraih emas setelah sukses menembus ke partai puncak. Namun, Malaysia akhirnya mengubur mimpi Vietnam lewat kemenangan tipis 1-0.

Tuan berujar perjalanan sekitar 4 jam dari Hanoi ke Jakarta, tidak sia-sia dan diharapkan akan menjadi perjalanan yang berujung bahagia. "Saya berharap bahwa dalam perjalanan terakhir saya, saya akan melihat tim nasional memenangkan kejuaraan," tambahnya



Head to Head Indonesia U23 vs Vietnam U23 :
06 Jun 2007 (KO) Vietnam U23 2 - 1 Indonesia U23  
14 Mar 2007 (KO) Indonesia U23 0 - 1 Vietnam U23   
26 Nov 2005 (SG) Vietnam U23 2 - 1 Indonesia U23

Lima Pertandingan Terakhir Indonesia U23 :
17 Nov 2011 (SG) Indonesia U23 0 - 1 Malaysia U23  
13 Nov 2011 (SG) Indonesia U23 3 - 1 Thailand U23  
11 Nov 2011 (SG) Singapura U23 0 - 2 Indonesia U23  
07 Nov 2011 (SG) Indonesia U23 6 - 0 Kamboja U23  
28 Okt 2011 (FM) Indonesia U23 5 - 0 Persikota  

Lima Pertandingan Terakhir Vietnam U23 :
17 Nov 2011 (SG) Laos U23 1 - 3 Vietnam U23     
12 Nov 2011 (SG) Brunei U23 0 - 8 Vietnam U23   
09 Nov 2011 (SG) Vietnam U23 2 - 0 Timor Leste U23
05 Nov 2011 (SG) Myanmar U23 0 - 0 Vietnam U23    
03 Nov 2011 (SG) Vietnam U23 3 - 1 Filipina U23     

Prediksi Susunan Pemain Indonesia U23 vs Vietnam U23:

Indonesia U23 : Kurnia Meiga. Hasyim, Rahman, Gunawan, Hendro, Andik, Dirga Lasut, Egi Melgiansyah, Okto Maniani, Patrich Wanggai, Titus Bonai.

Vietnam U23 : Tuan Manh, Anh Quang, Ngoc Anh, Huỳnh Phú, Long Giang, Hoàng Thinh, Văn Bình, Trong Hoàng, Hhành Luong, Văn Thang, Đình Tùng.