Real Madrid Pimpin Klasemen Sementara La Liga

30/10/2011 15:41

MADRID, KOMPAS.com — Real Madrid hanya memberi waktu dua jam bagi  Barcelona untuk merasakan takhta klasemen Liga BBVA. Cristiano Ronaldo dkk berhasil "mengudeta" posisi Barcelona, setelah menang 1-0 atas Real Sociedad dalam laga lanjutan Liga BBVA, Sabtu atau Minggu (30/10/2011) dini hari WIB.

Tiga poin tambahan ini membuat Madrid berhak duduk di posisi puncak dengan 25 poin. Mereka unggul satu poin dari Barca yang duduk di peringkat kedua dan dua poin dari Levante yang turun ke peringkat ketiga. Levante bisa kembali ke puncak jika dalam pertandingan Senin (31/10/2011) WIB dini hari berhasil mengalahkan Osasuna.

Madrid langsung menyerang sejak awal. Ronaldo membuka peluang Madrid pada menit ke-5. Sepakan kaki kirinya sebenarnya sudah mengarah tepat ke sasaran. Namun, bola gagal menembus gawang Sociedad setelah kiper Claudio Bravo berhasil menghalaunya.

Namun, saat pertandingan berjalan sepuluh menit, Sociedad tak mampu lagi membendung gempuran Madrid. Umpan terobosan dari Fabio Coentrao dimanfaatkan dengan baik oleh Gonzalo Higuain. Higuain menceploskan bola ke gawang dengan sontekan kaki kanannya, membawa Madrid unggul 1-0.

Setelah mencetak gol, Madrid justru tampak kesulitan dalam mengancam gawang tuan rumah. Beberapa kali upaya mereka mentah di kaki para bek Sociedad.

"Los Blancos" baru benar-benar mengancam pada menit ke-27. Menyambut umpan Higuain, Sergio Ramos mengarahkan bola ke gawang dengan sundulannya. Namun karena sundulannya tidak terlalu keras, bola pun dengan mudah ditangkap oleh Bravo.

Pada menit ke-32, giliran Ronaldo yang mengancam. Tendangan jarak jauh yang ia lesakkan dari luar kotak penalti mengarahkan bola ke sudut kiri bawah gawang Sociedad. Bola memang meluncur deras, tetapi Bravo masih sigap mengebloknya.

Sebelum laga berakhir, Madrid punya dua peluang emas lewat kaki Angel Di Maria (menit ke-40) dan Higuain (41). Namun, kedua peluang tersebut masih berhasil dipatahkan oleh kiper Sociedad. Hasilnya, hingga akhir pertandingan skor 1-0 untuk Madrid tetap bertahan.

Pada babak kedua, Sociedad coba bangkit. Xabi Prieto dkk tampil lebih terbuka dan lebih berani menyerang. Mereka sempat beberapa kali merepotkan lini pertahanan Madrid yang dikomandoi oleh Pepe.

Pada menit ke-51, gawang Madrid pun sempat diancam Sociedad lewat tandukan Xabi Prieto, yang memanfaatkan bola dari Carlos Martinez. Beruntung bagi Madrid, bola yang dilepaskan oleh Prieto masih mampu diamankan oleh Iker Casillas.

Casillas kembali melakukan penyelematan pada menit ke-61. Kali ini, kiper asal Spanyol tersebut mematahkan peluang yang didapat oleh Carlos Vela.

Permainan ngotot dari Sociedad ternyata membuat Madrid kewalahan. Pasukan Jose Mourinho tersebut terlihat sulit mengembangkan permainan sehingga kerap gagal menembus pertahanan tuan rumah.

Memasuki menit-menit akhir, pertandingan berjalan keras. Beberapa kali pemain dari kedua tim melakukan pelanggaran keras dan beberapa diganjar kartu kuning. Enam kartu kuning harus dikeluarkan wasit pada babak kedua ini, lima untuk Sociedad dan satu buat Madrid.

Akibatnya, kedua tim sulit untuk menciptakan peluang emas demi mencetak gol pada babak ini. Keunggulan Madrid pun bertahan hingga akhir pertandingan.

Susunan pemain
Sociedad: Claudio Bravo, Cadamuro, Inigo Martínez, Vadim Demidov, Mikel Gonzalez, Carlos Martinez (Imanol Agirretxe 84), McDonald Mariga, Markel Bergara Larranaga (Ruben Parlo 87), Xabi Prieto, Daniel Estrada (Antoine Griezmann 61), Carlos Vela.

Madrid: Iker Casillas, Sergio Ramos, Pepe, Fabio Coentrao, Alvaro Arbeloa, Xabi Alonso, Lassana Diarra (Sami Khedira 69), Cristiano Ronaldo, Angel Di Maria, Gonzalo Higuain (Karim Benzema 82), Mesut Oezil (Ricardo Kaka 64).

( Source : bola.kompas.com/read/2011/10/30/04543096/Madrid.Kudeta.Barca.Lagi )