Siapa Lawan Yang Diinginkan Indonesia Di Semifinal ??

17/11/2011 15:54
Kurang beberapa jam lagi melakoni laga melawan Timnas Malaysia, Timnas U-23 Indonesia berada dalam kondisi siap tempur. Seluruh penggawa Skuadra Garuda Muda, julukan Timnas U-23 Indonesia, siap untuk meraih poin penuh dalam laga ini.
"Tidak ada masalah menjelang laga ini. Semua pemain siap turun. Meskipun di laga nanti bakal ada sejumlah rotasi yang akan dilakukan oleh Coach Rahmad (Rahmad Darmawan, Pelatih Kepala Timnas U-23, red)," ungkap Manajer Timnas U-23, Roso Daras

Menjalani penyisihan terakhir grup A sepak bola SEA Games XXVI, Indonesia tidak bisa dilepaskan dari dilema. Walaupun sudah dipastikan lolos ke semifinal, Indonesia masih ada rasa khawatir tentang lawan yang dihadapinya di semifinal nanti. Kemarin tanggal 15 November, Myanmar berhasil menang dengan skor 1-0 atas Timor Leste. Kemenangan ini membuat Myanmar menempati posisi teratas grup B. Sekaligus memberikan tekanan kepada Vietnam untuk bisa menang melawan Laos yang akan digelar beberapa jam sebelum pertandingan penyisihan terakhir grup A dimulai.

Seandainya, Vietnam bermain imbang atau malah kalah melawan Laos. Maka, Vietnam akan menjadi runner up grup B. Ini artinya kemungkinan besar akan bertemu Indonesia di semifinal. Bagi Indonesia, ini dilema tersendiri. Karena melawan Vietnam akan menjadi pertandingan yang sulit ketimbang menghadapi Myanmar. Indonesia tentu saja berharap bertemu Myanmar. Mengingat Myanmar level permainannya masih dibawah Indonesia. Tapi tetap saja, Indonesia tidak boleh meremehkan Myanmar kalau bertemu di semifinal nanti.

Sebenarnya bagi Indonesia, siapapun lawan di semifinal nanti tidak ada masalah. Tapi kalau bisa memilih, Indonesia akan lebih nyaman bertemu Myanmar. Karena dengan bertemu Myanmar, peluang Indonesia ke final lebih terbuka lebar. Ketimbang bertemu Vietnam yang bisa saja berakhir dengan drama adu pinalti untuk lolos ke final.

Punggawa lini belakang timnas, Diego Michiels, mengakui pertandingan melawan Malaysia akan berlangsung dalam tensi yang tinggi. Namun, pemain bergigi emas ini berjanji akan bermain lebih kalem dibanding saat melawan Thailand. "Karena kami sudah lolos kualifikasi, saya pikir yang terpenting saat ini tetap fokus dan konsentrasi," ujarnya.
Saat menaklukkan Thailand, Diego memang sempat beberapa kali terlihat emosi. Terutama saat Andik Vermansyah ditekel pemain Thailand. Aksi kasar pemain Thailand ini memancing emosi Diego hingga nyaris terjadi keributan. Wasit kemudian memberi kartu merah pada pemain Thailand. "Saya hanya bereaksi karena kawan saya bisa patah kakinya (dengan tekel keras itu)," katanya.

 

Baca Juga :

Head To head Dan Preview Indonesia x Malaysia
Catatan Rekor Indonesia X Malaysia Sepanjang Sejarah SEA Games

Saya Siap Membela Timnas Indonesia