Timnas Muda Indonesia Berhasil Lolos Ke Babak Semifinal

14/11/2011 11:11

Setelah sekian lama akhirnya timnas U- 23 Indonesia berhasil mengakhiri dominasi Thailand dalam di ajang sepak bola SEA Game. Dalam pertandingan yang di selenggarakan kemarin ( 13/11 ) timnas muda  Indonesia berhasil menang terhadap Thailand dengan skor yang meyakinkan 3 - 1.  Dengan hasil ini dapat dipastikan tim Indonesia lolos ke babak semifinal. Saat ini tim Indonesia berada pada posisi sebagai pimpinan klasemen dengan nilai 9, hasil dari 3 kali menang. Sementara itu, Thailand dipastikan tersingkir dengan hanya mengumpulkan poin 3 hasil dari sekali menang dan dua kali kalah. Namun, masih banyak kekurangan di tubuh timnas muda Indonesia. Mereka tidak mampu bermain lepas melawan sembilan pemain Thailand.

Dalam pertandingan kemarin, Thailand sempat bermain dominan dan menekan. Dan pertandingan pun berjalan dengan sedikit panas. Thailand yang membutuhkan kemenangan untuk menjaga peluang mereka ke semifinal, menampilkan permainan keras cenderung kasar. Dan akhirnya membuat kerugian bagi Tim Thailand, terbukti dengan dikelurkannya 2 kartu merah oleh wasit kepada dua pemain Thailand.  Theeraton Bunmathan harus diusir keluar lapangan oleh wasit pada menit ke 11. Pemain nomor punggung 15 itu menerima kartu kuning keduanya karena menjegal striker Indonesia, Andik Vermansyah. Dan menit 75 Ekkasit Chaobut yang harus menerima kartu merah karena tackle dua kaki yang dilakukannya terhadap Egi Melgiansyah.

di menit ke 34 timnas muda Indonesia berhasil unggul 1-0 melalui gol yang diciptakan oleh Titus Bonai. Gol Titus Bonai di menit ke-34 itu lahir lewat sundulan kepala.

Gol itu berawal dari pergerakan Hasim Kipuw di sisi kiri pertahanan Thailand. Hasim yang lolos dari jebakan offside usai menerima terobosan dari Egi Melgiansyah, mengirimkan umpan ke kotak penalti Thailand.

Umpan Hasyim langsung disambut sundulan keras Titus Bonai yang menjebol gawang Thailand tanpa mampu ditahan penjaga gawang Ukrit Wongmeena. Gol ini merupakan gol ketiga Titus Bonai di ajang SEA Games XXVI tahun 2011.

Di menit ke-50, Thailand berhasil membuat gol melalui penalti Ronnachai Rangsiyo. Penalti diberikan wasit karena pelanggaran pemain belakang Indonesia, Abdul Rahman, terhadap pemain Thailand, Sarach Yooyen.

Hadiah penalti itu berhasil dikonversikan menjadi gol oleh kapten Ronnachai Rangsiyo yang dipercaya menjadi algojo. Dengan tenang kapten Timnas Thailand itu melesakkan bola ke sudut kanan gawang Kurnia Meiga, dan membuat kedudukan imbang 1-1.

Di menit ke-63, Patrich Wanggai kembali membuat timnas muda Indonesia memimpin 2-1 berkat gol sundulannya. Gol Wanggai lahir setelah ia berhasil menyundul bola hasil tendangan sudut Egi Melgiansyah. Ketinggalan satu gol membuat pemain Thailand tampil kesetanan untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya ambisi mereka menyamakan kedudukan justru dilakukan lewat permainan kasar. Alhasil di menit ke-75 Thailand harus rela bermain dengan 9 pemain.

Dengan hanya 9 pemain, serangan yang dilakukan Thailand ke pertahanan timnas U - 23 Indonesia menjadi kendor. Sebaliknya tim asuhan Rahmad Darmawan mampu menambah keunggulan melalui Ferdinand Sinaga yang menggenapkan keunggulan Indonesia menjadi 3-1, setelah ia menjebol gawang Thailand berkat umpan dari Patrich Wanggai.

Dengan kemenangan 3-1 ini, Indonesia memimpin puncak klasemen grup A dengan nilai 9, sekaligus memastikan satu tiket di semifinal. Sedangkan Thailand harus tersingkir di penyisihan grup. Satu tiket lainnya dari grup A akan diperebutkan oleh Malaysia dan Singapura.

Kemenangan atas Thailand merupakan rekor tersendiri bagi 'Garuda Muda'. Semenjak tahun 1977, Indonesia selalu kalah dari Thailand. Dari 16 pertemuan, Indonesia hanya menang sebanyak 3 kali. 

Yang menarik, saat berada satu grup bersama Thailand, Indonesia selalu gagal lolos semifinal. Dari enam kali kedua negara berada satu grup, Garuda Muda hanya mampu lolos ke semifinal sebanyak dua kali saja.

Pada Sea Games 1979, Indonesia berada satu grup dengan Thailand.  Dalam penyisihan Grup B, Indonesia kala itu kalah 1-3. Empat tahun kemudian, Indonesia ditekuk lima gol tanpa balas pada penyisihan Grup B. Satu dekade kemudian, tepatnya SEA Games 2003, Indonesia menyerah 0-6. Terakhir, empat tahun kemudian, Indonesia menyerah 1-2.

Berikut update klasemen Grup A dan Grup B cabang sepak bola SEA Games 2011 per Minggu, 13 November, 2011.

Klasemen Grup A

P NEGARA MA ME SE KA MG KG SG PO
1 Indonesia 3 3 0 0 11 1 10 9
2 Malaysia 3 2 1 0 6 2 4 7
3 Singapura 3 1 1 1 2 3 -1 4
4 Thailand 3 1 0 2 6 5 1 3
5 Kamboja 4 0 0 4 2 16 -14 0

Klasemen Grup B

P NEGARA MA ME SE KA MG KG SG PO
1 Vietnam 4 3 1 0 13 1 12 10
2 Myanmar 4 3 1 0 12 2 10 10
3 Timor Leste 4 2 0 2 4 7 -3 6
4 Laos 4 1 1 2 9 8 1 4
5 Filipina 4 1 0 3 5 12 -7 3
6 Brunei 4 0 1 3 3 16 -13 1

Keterangan:

P: Peringkat.
MA: Main.
ME: Menang.
SE: Seri.
KA: Kalah.
MG: Memasukkan Gol.
KG: Kemasukkan Gol.
SG: Selisih Gol.
PO: Poin.

== admin ==

 

Baca Juga :

Rahmad Darmawan Akui Thailand Tampil Bagus

Ferguson Kemungkinan Jual Nemanja Vidic Ke Real Madrid Akhir Musim

Thailand Pastikan Bermain Fairplay Melawan Singapura

Tim Bulutangkis Indonesia Melaju Ke Final Setelah Mengalahkan Thailand