Indonesia Persiapkan Diri Melawan Malaysia

20/11/2011 11:57
Pertandingan final Derby Negara Serumpun, Indonesia melawan Malaysia sudah dipastikan akan berlangsung dengan panas, penuh ambisi dan harga diri. Indonesia sebagai tuan rumah sudah siap melakukan pertandingan final Senin nanti ( 21/11 ).

Berbagai persiapan pasti akan dilakukan oleh pelatih Rahmad Darmawan bersama timnas U 23 Indonesia. Melihat panasnya partai final nanti, pelatih timnas U-23 Indonesia, Rahmad Darmawan, mengingatkan anak asuhnya sejak dini agar mewaspadai Malaysia yang sempat mengalahkan Indonesia 1-0 di partai terakhir babak penyisihan grup A. Rahmad tahu, kemenangan atas Vietnam akan sia-sia jika di laga puncak versus Malaysia, anak-anak asuhnya malah kalah. Untuk itu, RD menyiapkan anak-anak asuhnya, baik mental maupun fisik untuk prima saat berlaga melawan Malaysia.  
 
Agar maksimal di pertandingan final, Rahmad tidak mengagendakan latihan berat hari ini, Minggu (20/11/2011). Mantan juru latih Persija Jakarta ini paham, laga melawn Vietnam di bawah guyuran hujan deras kemarin, telah menguras stamina pasukan Garuda Muda.

Gelandang lincah timnas U-23, Octovianus Maniani, mengaku sangat termotivasi dengan kemenangan saat melawan Vietnam kemarin. Pemain asal Papua ini pun mengincar kemenangan saat bentrok dengan Malaysia di final cabang sepakbola SEA Games ke-26."Dengan kemenangan ini kami sangat termotivasi dan semoga bisa tampil lebih baik di partai final. Ini pertandingan yang berbeda saat AFF lalu dan kami semua siap melawan Malaysia," kata Octovianus Maniani usai pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/11/2011).

Sementara itu Andik Vermansyah mengaku sedang konsentrasi untuk laga selanjutnya. Mengingat tugas berat yang harus dijalani timnas adalah merobohkan Malaysia, lawan Indonesia di final nanti. Di babak penyisihan grup, Indonesia kalah 1:0 dari Malaysia. Saat itu Andik tidak diturunkan pelatih Rahmad Darmawan.

"Makanya besok saya harus semangat dan tetap menjaga kondisi dan fisik. Saya kepingin balas dendam kepada Malaysia. Ini salah satu musuh bebuyutan Indonesia," ujar pemain yang mengidolai Bejo Sugiantoro dan Cristiano Ronaldo itu menutup pembicaraannya.

Sementara itu Tinus Bonai mengaku merasa kelelahan . "Aku lelah sekali. Jujur kami sangat capek sekali dan mudah-mudahan kami bisa lebih bugar besok. Tapi aku harus lebih siap untuk pertandingan final nanti," tegas suami Novalia Metiaman ini.

Akan tetapi, ia mengaku belum bisa memprediksi apa yang akan terjadi dalam laga final nanti. Yang pasti ia akan memberikan yang terbaik yang ada dalam dirinya untuk Indonesia.

"Saya tidak ingin mendahului Tuhan. Namun, aku percaya Tuhan akan memberikan kekuatan kepada kita," pungkas ayah dari Natalia Krisnalia Bonai ini.

Ketika ditanya soal pertandingan melawan Malaysia, Wanggai juga tidak menargetkan untuk mencetak gol. "Saya tidak terlalu berharap jadi top skor. Tidak terlalu menargetkan jadi top skor, cuma kami berusaha agar Indonesia menang," katanya pada hari Sabtu (19/11/2011).

Akan tetapi kemenangan dan memastikan Indonesia sebagai juara jauh lebih penting bagi dirinya untuk mempersembahkan kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.

"Intinya kita harus bermain lebih bagus dari sebelumnya. Saya tidak berjanji mencetak gol, tapi yang jelas saya akan berbuat yang terbaik bagi Indonesia," pungkas pemain Persidafon Dafonsoro ini.

Besok akan kita lihat siapa yang akan meraih medali emas untuk cabang sepak bola SEA Games ke 26.

 

Baca Juga

Octovianus Maniani Mengaku Siap Melawan Malaysia Di Final