Pada EURO 2012 , Fabio Capello Coba Hindari Satu Grup Dengan Delapan Negara

03/12/2011 15:50
Pelaksanaan Euro 2012 sudah semakin dekat. Dan drawing atau pengundian grup finalis peserta Euro 2012 telah dilakukan di Kiev, 3 Desember 2011 waktu setempat.
Manajer Inggris, Fabio Capello tak bisa menyembunyikan ketakutannya jelang undian grup Euro 2012. Capello mengaku tak ingin pasukan Three Lions bertemu dengan delapan negara ini dalam satu grup.

Tim yang sangat tak disukai Capello yakni Irlandia. Tak lain karena tim ini juga ditukangi oleh pria Italia, Giovanni Trapattoni. Capello tak ingin terkena jebakan 'Mr Trap' pada event yang disebutnya lebih keras dibanding Piala Dunia ini.

“Saya berharap tak satu grup dengan Irlandia. Negara ini sangat dekat dan punya gaya mirip dengan Inggris. Apalagi, nanti akan ada dua manajer Italia head-to-head," kata Capello kepada Daily Star.

“Pertemuan ini menarik, tapi saya tak suka menghadapi mereka. Sama halnya jika saya harus menghadapi Italia. Saya telah bicara dengan Giovanni dan Marco Tardelli ketika mereka lolos, dan mereka sangat bahagia. Ini sukses besar bagi Irlandia.”

Anehnya, pelatih sekelas Capello juga menyebut tujuh negara lain yang ingin dihindarinya jelang undian yang akan digelar di Palace of Arts Venue, Kyiv, dini hari WIB nanti. Mereka yakni Spanyol, Belanda, Prancis, Portugal, tuan rumah Ukraina dan Polandia, dan tentu saja Italia.

“Saya juga ingin menghindari dua tim dari pot 1 yakni Spanyol dan Belanda. Setelah itu, Portugal dan Prancis di pot 3 dan 4," lanjut Capello. “Anda juga harus mewaspadai tuan rumah Polandia dan Ukraina yang sangat berkembang dan akan memanfaatkan keuntungan sebagai tuan rumah. Mereka akan menjadi kejutan dalam turnamen ini."

“Di Euro 2008, Swiss dan Austria tak beruntung karena mereka sebenarnya bermain bagus. Faktor fans juga tak bisa dianggap remeh."

Sedangkan tujuh negara lain yang disukai pria 65 tahun ini yakni Jerman, Rusia, Kroasia, Yunani, Swedia, Denmark dan Republik Ceko. Capello dikritik karena dianggap penakut. Pasalnya, sebagai pelatih Inggris, ia menghindari setengah jumlah peserta Euro 2012.

Kali terakhir Inggris bersua Irlandia terjadi pada 1995. Laga persahabatan di Dublin itu dibatalkan setelah fans Inggris mencopot kursi-kursi di Lansdowne Road dan melemparkannya ke lapangan.

Jika berada dalam satu grup, Inggris juga akan dihantui pertemuan terakhir pada Euro 1988. Saat itu, Inggris takluk dari Irlandia 0-1. Tentu saja, hal ini juga masuk dalam pertimbangan Capello.

( Source : VIVAnews )

 

Hasil Drawing Euro 2012

Legenda - legenda sepakbola dunia berkumpul di Kiev