Persib Bandung Beri Dukungan Penggunaan Wasit Asing

12/11/2011 16:39

INILAH.COM, Bandung - Persib Bandung mendukung wacana penggunaan wasit asing pada kompetisi Indonesia Premiere League (IPL) 2011/2012. Selama itu baik untuk perjalanan IPL ke depan, pihak Persib akan selalu mendukung, apapun keputusan yang dikeluarkan oleh PSSI.

Hal tersebut seperti dikatakan manajer Persib Bandung Umuh Muchtar, pihaknya memang sudah mendengar wacana yang dikemukakan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) selaku pengelola kompetisi IPL, soal pengunaan wasit asing tersebut.

"Ya, saya sudah tahu soal rencana akan menggunakan wasit asing, silahkan saja. Kami akan mendukung selama itu baik untuk perkembangan sepakbola di Indonesia," kata Umuh ketika dihubungi INILAH.COM, Sabtu (12/11/2011).

Umuh yang mengaku tengah berada di Singapura dalam rangka menjenguk saudaranya yang sakit, menambahkan meskipun LPIS akan menggunakan wasit asing, pembinaan terhadap wasit-wasit lokal juga jangan sampai dilupakan.

"Pembinaan wasit lokal juga jangan dilupakan. Jelek juga kalau kita terus menerus mengunakan wasit asing. ke depan wasit lokal harus memiliki kualitas bagus, saya yakin kalau wasitnya baik, fair play, sepak bola kita bisa lebih maju lagi," jelasnya.

Wacana penggunaan wasit asing mengemuka dalam pertemuan para CEO klub-klub IPL dengan PT LPIS di Hotel Alila, Pecenongan, Jakarta, Rabu (9/11/2011) sore. Kehadiran jasa pengadil pertandingan dari luar negeri itu diharapkan mampu meningkatkan kualitas kompetisi sekaligus meminimalisasi terjadinya kecurangan.

"AFC (Konfederasi Sepakbola Asia) siap mengirimkan wasit ke Indonesia jika ada permintaan dari kita. Kalau klub-klub setuju, kita akan pilih wasit dari negara tetangga dulu," kata CEO LPIS Widjajanto.

Nantinya, wasit asing hanya memimpin beberapa laga terpilih, sementara sebagian besar pertandingan lainnya tetap dipimpin wasit lokal. Jika wacana ini disetujui klub, LPIS akan meneruskannya ke Komite Eksekutif PSSI.

( Source : www.inilahjabar.com/read/detail/1795848/persib-dukung-ipl-gunakan-wasit-asing )

 

Persib Ajak Tim - Tim Besar Gabung Di IPL