Sepak Bola Sea Games XXVI : Indonesia Kemungkinan Rotasi Pemain Melawan Malaysia

17/11/2011 15:18
Hari kamis malam tanggal 17 November, Indonesia akan melawan Malaysia. Ini pertemuan keempat kalinya Indonesia bertemu dengan Malaysia dalam kurun waktu kurang dari setahun. Tiga kali, Indonesia bertemu di Piala AFF, bulan Desember 2010 lalu. Satu di babak penyisihan grup Piala AFF, Indonesia menang 5-0. Dan dua lainnya di dua leg final Piala AFF. Pada leg pertama di Malaysia, Indonesia kalah 0-3. Sementara pada leg kedua di Indonesia, Indonesia menang 2-1. Tapi walaupun menang, Indonesia gagal menjadi juara lantaran kalah agregat gol dari Malaysia.

                                                        

Pertemuan yang keempat antara Indonesia melawan Malaysia akan terjadi di penyisihan terakhir grup A sepak bola SEA Games XXVI pada hari kamis malam tanggal 17 November. Pertandingan ini sendiri tidak terlalu berpengaruh bagi Indonesia. Karena kalau pun kalah, Indonesia tetap lolos ke semifinal. Lain halnya dengan Malaysia yang belum aman seratus persen. Untuk bisa lolos ke semifinal, Malaysia minimal harus bisa menahan imbang Indonesia atau malah kalau bisa mengalahkannya.

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Rahmad Darmawan mengisyaratkan akan mengistirahatkan sejumlah pemain saat melawan Malaysia. Meski demikian, kemenangan tetap menjadi target. Kedua tim yang merupakan rival bebuyutan di Asia Tenggara ini masih berebut gengsi sebagai pemuncak klasemen.

“Yang pasti kita akan lakukan rotasi, jumlahnya lihat besok dan siapa yang akan saya turunkan juga lihat besok. Karena saya akan mengkalkulasikan siapa-siapa saja dengan beberapa pertimbangan mengingat beberapa pemain telah memperoleh kartu kuning dan juga ada yang tidak fit,” ungkap pelatih usai latihan, Rabu (16/11/11).

Rahmad Darmawan juga memastikan partai penyisihan Grup A antara Indonesia melawan Malaysia malam nanti bukan partai balas dendam. Meski begitu, ia meminta para pemain tetap tampil ngotot untuk memenangkan pertandingan.

"Tidak (ada dendam), kita main saja, tapi kita harus menang, dan itu berarti harus ngotot," katanya seusai melatih Patrich Wanggai dan kawan-kawan di Lapangan ABC.

Rahmad menilai Malaysia memang bukan tim lemah. Mereka salah satu tim kuat di Asia Tenggara, termasuk tim nasional U-23 mereka yang berlaga di SEA Games XXVI ini. "Tim mereka sudah dibangun sejak dua tahun lalu. Mereka punya transisi yang bagus ketika mendapat bola dan ketika kehilangan bola," kata Rahmad.

Karena itu, ia berharap para pemain bisa bermain lepas sambil tetap disiplin menjaga pos masing-masing. Ia mengaku telah melatih para pemain dengan sejumlah simulasi taktik yang dibuat khusus untuk menekuk Malaysia. "Kita telah melakukan persiapan akhir sebelum melawan Malaysia, persiapan taktik bermain dan simulasi," katanya.

Rahmad mengatakan dirinya akan melakukan rotasi pemain malam nanti. Namun, ia tak menyebutkan siapa saja pemain yang akan diturunkan. Ia hanya menyebut Stevie Bonsapia yang kemungkinan besar tak akan turun karena masih belum pulih akibat cedera lambung. Stevie sempat dirawat di rumah sakit selama beberapa hari.

Dari latihan terakhir di Lapangan C, Senayan, Jakarta itu terlihat sejumlah pemain, yang sebelumnya lebih sering bermain sebagai cadangan, mendapat porsi lebih dalam latihan. Diantaranya adalah kiper Andri Tani, bek Yericho Christiantoko, gelandang Lucas Mandowen dan Ramdhani Lestaluhu, serta penyerang Yongki Aribowo.

“Menilai penting atau tidaknya sebuah pertandingan berpengaruh tidak baik untuk mental pemain, juga seluruh tim. Untuk itu kita sama ratakan. Saya ingin pemain menang, itu dulu. Soal hasil belum kita pikirkan. Itu artinya, pemain harus berusaha sekuat tenaga untuk meraih kemenangan,” tandasnya.

 

Head to Head Indonesia Lawan Malaysia