PVRization : The Black Eyed Peas

20/10/2011 12:59

 

Pada 1988, ketika William Adams (will.i.am) dan Allan Pineda (apl.de.ap) yang duduk di kelas delapan, saling bertemu, mulai bermain rap dan tampil bersama di sekitar Los Angeles. Pasangan ini menandatangani Ruthless Records (dijalankan oleh Eazy-E) pada tahun 1992, menarik perhatian manajer dari Eazy-E, keponakan Jerry Heller. Dante Santiago bergabung dab sering disebut trio Atban Klann (ATBAN: A Tribe Beyond a Nation).[3] Will 1X (alias will.i.am), apl.de.ap, Mookie Mook, DJ Motiv8 (alias Monroe Walker) dan Dante Santiago membentuk Atban Klann. Album debut mereka, Grass Roots, tidak pernah dirilis karena pendiri Ruthless, Eazy-E telah meninggal.[3]

Setelah Eazy-E meninggal pada tahun 1995, Atban Klann diperbarui dan berganti nama menjadi Black Eyed Pods dan kemudian Black Eyed Peas. Dante Santiago diganti dengan Jaime Gomez (Taboo), dan Kim Hill menjadi penyanyi latar belakang. Tidak seperti aksi hip-hop kebanyakan, mereka memilih untuk tampil secara live band dan mengadopsi gaya musik dan pakaian yang jauh berbeda seperti "Gangsta Rap" di Los Angeles yang berbasis hip-hop pada saat itu. Setelah menandatangani kontrak dengan Interscope Records dan merilis debut mereka, Behind the Front (1998), grup ini (dan band yang menyertai mereka) mendapat pujian kritis. Salah satu hits singel dari album ini adalah "Joints & Jams", yang menjadi salah satu soundtrack film Bulworth. Album kedua mereka adalah Bridging the Gap (2000), yang telah melahirkan hits "Request + Line" bersama Macy Gray.

 

Album ketiga mereka, Elephunk mulai dikembangkan pada 2 November 2001, tapi tidak dirilis hingga tahun 2003. Ini adalah album pertama mereka yang menampilkan vokal dariFergieNicole Scherzinger awalnya didekati untuk bergabung dengan Peas, namun terpaksa menolak karena dia adalah anggota dari Eden's Crush dan berada di bawah kontrak. Dante Santiago kemudian memperkenalkan will.i.am dengan Fergie, yang bergabung dengan band pada tahun 2002. Elephunk juga merupakan album pertama yang menunjukkan suara pop baru yang dipoles dan dirancang untuk menarik khalayak masa serta untuk pertama kalinya di bawah nama THE Black Eyed Peas.

Sementara itu, Fergie sendiri mengingat alasannya bergabung dengan grup ini dikutip oleh penulis Inggris, Pete Lewis dari majalah Blues & Soul:

"Aku pertama kali pergi untuk melihat The Black Eyed Peas pada tahun 1998 di sebuah tempat bernama El Rey Theatre di LA. Karena mereka bergaya hip-hop abstrak, eklektik dan teatrikal, ada sesuatu tentang mereka yang aku tahu bahwa aku dapat memperkokohnya. Jadi beberapa tahun kemudian, ketika grup saya Wild Orchid dan The Peas kebetulan berada di sebuah acara radio pada saat yang sama, aku pergi ke will.i.am, bergegas dan mengatakan kepadanya bahwa aku ingin bekerja dengannya untuk selamanya! Kami bertukar nomor dan ketika mereka membutuhkan penyanyi untuk lagu mereka 'Shut Up!' "disitulah kami benar-benar mulai bekerja sama".[4]

 

 

Dari Elephunk muncul "Where is the Love?", yang menjadi hit besar pertama The Black Eyed Peas, mencapai No.8 di Hot 100 AS, namun memuncak di tangga lagu beberapa negara lain, termasuk No.1 selama tujuh minggu di Inggris, di mana menjadi singel terlaris tahun 2003. Singel ini memiliki hasil yang sama di Australia, menetap di No.1 selama enam minggu. Dalam sebuah wawancara dengan TalkofFame.com, Taboo mengatakan bahwa putusnya Justin Timberlake dengan Britney Spears berdampak pada rekaman "Where is the Love?".[5]

Album ini kemudian menelurkan "Shut Up", yang memuncak pada No.2 di Inggris dan menduduki puncak tangga lagu di banyak keberhasilan, serta mendapat sertifikasi Gold dan Platinum di AS, Inggris, Jerman, dan pasar Eropa lainnya.

Singel ketiga dari album ini, meskipun secara signifikan dibenahi dari versi Elephunk asli, "Hay Mama" menduduki 5 besar di Australia dan 10 besar di Inggris, Jerman dan negara-negara Eropa lainnya dan mencapai No. 23 di AS.

Single keempat mereka dari album ini berjudul "Lets Get It Started", yang diberi judul ulang dari nama aslinya "Lets Get Retarded". "Lets Get It Started" memenangkan Penghargaan Grammy tahun untuk Penampilan Rap Terbaik oleh Duo atau Grup dan juga menerima dua nominasi untuk Rekaman Tahun Ini dan Lagu Rap Terbaik.

Pada tahun 2004, The Black Eyed Peas memulai Elephunk Tour, mendatangi banyak negara di Eropa dan Asia.

 

For Detail : id.wikipedia.org/wiki/The_Black_Eyed_Peas