Cara Mendaftarkan Sitemap Ke Dalam Search Engine ( Yahoo, Google, Ask.com, Bing )

13/11/2011 07:27

Saat ini saya mencoba mengutip informasi dari sebuah website tentang bagaimana cara mendaftarkan sitemap ke dalam search engine ( misalnya Yahoo, Google, Ask.com atau Bing ). Karena tugas kita selanjutnya setelah membuat sitemap adalah mendaftarkan sitemap ke dalam search engine agar terindex oleh mesin pencari.

Sitemap adalah file bertipe xml yang menggambarkan isi website secara terstruktur. Dengan membuat sitemap dan mendaftarkan sitemap ke search engine adalah langkah yang harus anda lakukan sebelum mendaftarkan website anda ke search engine. Dengan adanya site-map, maka seluruh isi website anda akan terindeks dengan baik oleh search engines.

Adapun cara mendaftarkan sitemap ke dalam search engine sebagai berikut.

Inilah tempat anda mendaftarkan site-map yang telah anda buat ke 4 search engine besar yaitu :

- Google Webmaster Toolshttp://www.google.com/webmasters/

- Yahoo! Sitemap Submission – https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit

- Bing Webmaster Tools – http://www.bing.com/webmaster

- Ask.com – khusus untuk Ask.com anda hanya tinggal meng-copy paste alamat url dibawah ini dan mengganti url nya dengan alamat website anda. http://submissions.ask.com/ping?sitemap=http%3A// www.yourdomain.com/sitemap.xml  . Copy-pastekan ke address bar di browser anda, lalu tekan Enter. Jika pendaftaran berhasil, maka akan keluar halaman seperti ini :

sitemap

Kemudian bagaimana cara membuat site-map, cara mendaftar site-map ke Google, Yahoo! dan Bing dapat anda cari di kategori Search Engine Registration di website ini. di kategori ini anda akan mendapatkan penjelasan secara jelas dan gamblang cara membuat membuat site-map dan mendaftarkan site-map.

Untuk ketiga search engine utama yaitu Google, Yahoo! dan Bing caranya hampir sama,yaitu anda membuat sitemap kemudian mendaftarkan site-map dan anda harus memverifikasi site-map anda. Sedangkan untuk Ask.com anda hanya menambahkan alamat sitemap anda ke URL diatas. Dan secara otomatis sitemap anda akan diterima setelah anda mengklik Enter.

( Source : caramembuatblog.info/sitemap-cara-mendaftar-sitemap-ke-ask-com-google-yahoo-bing.html )

 

Fungsi penting webmaster tools

Pengertian sitemap dan fungsi beserta penggunaannya